Thursday 27 June 2013

Cerpen Liburan Sekolah, Cerita Sehabis Pengalaman Menyenangkan

cerpen liburan sekolah menarik
Liburan merupakan sebuah hal yang sangat menyenangkan. Liburan tidak harus diisi dengan hal-hal yang aneh. Bahkan kita bisa membuat sebuah cerpen liburan sekolah yang akan merangsang kreativitas kita terutama dalam hal tulis menulis. Mungkin hal ini bukanlah merupakan hal yang umum terjadi di negara kita, namun di luar sana banyak yang menulis semacam diary liburan untuk sekedar mengisi kekosongan waktu. Bahkan diyakini bahwa kegiatan menulis seperti ini bisa menyembuhkan kita dari sebuah trauma yang agak berat. Ada semacam studi yang membenarkan pernyataan ini. Bahkan kita bisa mengajak anak-anak kita untuk melakukan hal ini, agar mereka juga sudah terbiasa menulis sejak dini.


Budaya baca tulis diyakini merupakan sebuah hal yang menentukan maju atau tidaknya sebuah peradaban. Bahkan jika kita membandingkan apa yang menjadi kebiasaan di negara-negara maju, kita akan malu menyaksikan betapa masyarakatnya begitu haus akan bacaan. Dalam berbagai hal, mereka akan membaca. Bahkan ketika mereka bersantai pun, tak jarang menghabiskan waktu untuk membaca atau menuliskan sesuatu. Kita bisa memulai kebiasaan ini pada anak kita dengan cara menantang mereka untuk membuat cerpen liburan sekolah yang mereka sukai. Berikanlah semacam hadiah atas prestasi mereka yang berhasil membuat sebuah cerpen. Walaupun terkadang terlihat sepele, namun membuat sebuah cerpen yang sangat menarik bukanlah merupakan sebuah pekerjaan yang gampang.

Cerpen Liburan Sekolah ke Pantai


cerpen liburan sekolah ke pantai seruButuh pengalaman dan keterampilan sendiri untuk membuat cerpen liburan sekolah yang benar-benar memukau. Cerita yang kita buat akan kehilangan nyawanya jika kita belum pernah mengalami apa yang kita ceritakan. Begitu juga halnya dengan keterampilan menulis, mutlak diperlukan terutama untuk membuat sebuah karya layak dibaca. Juga berkenaan dengan gaya bahasa yang dipakai dalam sebuah cerpen. Mengarang cerita yang menghibur juga perlu semacam imajinasi yang tinggi. Cerita kita akan datar-datar saja jika imajinasi kita tidak terlalu bagus. Namun tentu saja semua ini membutuhkan pengalaman dan latihan yang cukup sering. Bahkan seorang musisi terkenal pun harus selalu berlatih agar mereka bisa menampilkan karya sebaik mungkin.


Cerpen Liburan Sekolah SMP


cerpen liburan sekolah smp bagus
Ada yang mengatakan bahwa mengarang indah membutuhkan sebuah bakat. Namun tentu saja bakat ini takkan ada artinya jika tidak dilatih. Jangan hanya mengandalkan bakat, lantas membuat kita malas untuk menulis sesuatu. Seseorang biasanya mulai mendapatkan pelajaran membuat cerpen liburan sekolah ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Namun ilmu ini akan lebih ditumbuhkan ketika seseorang sedang mengenyam pendidikan SMP. Ketika SMA kita akan belajar lebih jauh tentang EYD dan gaya bahasa, dan ketika kita menginjak bangku perguruan tinggi, kita akan mempelajari ilmu tentang penulisan kreatif. Tidak ada salahnya juga mengambil seorang guru untuk membimbing kita dalam menekuni dunia penulisan ini. Kita akan menjadi lebih giat berlatih jika kita sedang berada dalam bimbingan seorang guru.

Cerpen Liburan Sekolah Dirumah


cerpen liburan sekolah dirumah sajaPada dasarnya pendidikan itu dimulai dari keluarga. Salah besar jika kita menganggap bahwa sekolahlah yang harus kita andalkan untuk membentuk kepribadian anak kita. Lingkungan pergaulan yang tepat akan membuat anak kita menjadi pribadi yang tangguh dan sopan santun. Namun jangan lupa, bahwa segala sesuatunya itu berasal dari rumah. Bahkan hal-hal yang dianggap remeh oleh banyak orang seperti membuat cerpen liburan sekolah bisa jadi merupakan faktor penting yang akan membentuk kepribadian anak kita. Namun ketika liburan tiba, tidak ada salahnya juga untuk mengajak anak kita dan keluarga untuk mengunjungi tempat-tempat indah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Bukankah ada yang mengatakan bahwa pengalaman merupakan guru yang terbaik?


Jika kita sedang berlibur, kita bisa melakukan dua hal. Kita bisa fokus ke salah satunya atau bisa juga membeli keduanya. Kedua hal tersebut adalah membeli barang (buying goods) atau membeli pengalaman (buying experience). Membeli barang contohnya kita berjalan-jalan ke Bandung ke Pasar Baru untuk membeli pakaian atau berkunjung ke Pekalongan untuk membeli batik. Membeli pengalaman bisa berarti kita mengunjungi Kota Batu, Malang untuk menikmati wisata petik apel yang jarang sekali ada di daerah lain. Kita juga bisa memadukan keduanya dengan contoh ke Jogjakarta mengunjungi Malioboro sekaligus membeli pernak pernik khas keraton Jogja. Kedua hal ini sesungguhnya bisa kita jadikan bahan untuk menulis cerpen liburan sekolah yang sungguh bermutu.

cerpen liburan sekolah ke rumah nenek di desa


1 comment :

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete