Wednesday 5 June 2013

Tempat Wisata Indonesia, Keindahan Jamrud Khatulistiwa

kekayaan tempat wisata indonesia
Negara kita sering diibaratkan surga oleh turis mancanegara. Banyak tempat wisata indonesia yang menjadi incaran turis luar negeri karena keindahan alamnya. Tentu hal ini akan menjadi terus berkembang jika kondisi wisata kita yang sekarang diperbaiki dengan serius. Jika dikelola secara profesional maka bukan tidak mungkin industri wisata ini menjadi sektor utama pertumbuhan ekonomi di masa yang akan datang. Kesuburan alam yang demikian melimpahnya menjadikan banyak tempat yang mernurut kita sederhana, namun bisa menjadi objek wisata handal bagi pada pendatang. Kita memiliki semua daya tarik wisata dari udara tertinggi, dasar laut terendah, dan banyak hal di antara keduanya. Tentu kita harus serius memikirkan hal ini secara bersama-sama.


Pada puncak tertinggi kita memiliki banyak pegunungan, bahkan sebagian di antaranya merupakan pegunungan berapi yang masih aktif. Jika kondisi tidak dalam keadaan siaga, maka kekayaan dan keindahan gunung yang memukau ini bisa kita nikmati dengan leluasa. Pun demikian halnya dengan dasar laut terendah, dimana masih sering ditemukan spesies-spesies baru yang hal ini menggambarkan betapa kayanya sumber daya laut kita. Tidak hanya ikannya yang bisa kita eksploitasi, namun wisata bawah laut pun menjadi jenis wisata yang selalu saja ada penggemarnya. Di tengah-tengah dasar terdalam dan puncak tertinggi terdapat banyak pilihan, dari danau, sungai, bukit, maupun objek wisata buatan manusia yang semuanya bisa dijadikan sumber pemasukan yang serius. Hal ini sekali lagi menggambarkan betapa kayanya tempat wisata indonesia ini.  

Tempat Wisata Indonesia yang Menarik


Negara kita sungguh beruntung dikaruniai banyak tempat wisata indonesia yang menarik. Namun yang patut disayangkan adalah banyak warganya yang kurang menghargai karunia ini. Sebagai contoh, begitu banyaknya tempat wisata yang kotor dan jorok hanya karena banyak warga sekitarnya yang membuang sampah sembarangan.Bahkan di beberapa pantai, ada beberapa warga lokal yang memaksa dengan ancaman terhadap turis asing untuk menggunakan jasa pijat dengan harga yang tergolong sangat mahal. Tentu saja hal-hal semacam ini akan merusak citra wisata negara kita yang sudah dengan susah payah dibangun sejak dahulu kala. Belum lagi hal-hal merusak lain yang banyak dilakukan seperti, mencorat-coret tak jelas serta merusak fasilittas umum seperti telepon umum dan toilet umum. 


Tempat Wisata Indonesia yang Jarang Dikunjungi


menemukan tempat wisata indonesia yang jarang dikunjungi
Mengunjungi sebuah tempat wisata indonesia yang sudah dikelola dengan baik tentu saja merupakan sebuah kenyamanan tersendiri, namun jangan lupakan juga bahwa masih banyak tempat wisata menarik yang belum dikelola dengan baik. Tempat wisata yang jarang dikunjungi biasanya belum memiliki akses yang baik. Sebagai contoh, penulis pernah mendatangi pantai Tanjung Papuma, Jember dimana suasana alam di sana masih benar-benar murni. Bahkan untuk datang ke tempat itu kita tidak harus membayar alias gratis. Suasana pantai yang berseberangan ini sangat alami, bahkan banyak yang menyebutkannya sebagai pantai perawan, karena masih belum terjamah banyak oleh manusia. Bahkan penulis mengidentikkan pantai ini dengan pantai yang ada di Thailand yang digunakan untuk shooting film The Beach, yang dibintangi oleh Leonardo di Caprio yang terkenal itu. 

Tempat Wisata Indonesia Terbaik


menilai tempat wisata indonesia terbaikSulit sekali untuk memnentukan mana dari sekian banyak tempat wisata indonesia sebagai yang terbaik. Karena masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Tentunya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahkan objek wisata yang paling terkenal sekalipun memiliki banyak kekurangan. Menjadi pekerjaan dan tanggung jawab kita semua, bukan hanya pemerintah, untuk selalu mempromosikan berbagai objek wisata di tanah air dan bumi pertiwi kita. Bahkan tanpa kekayaan alam pun, sebenarnya Indonesia terkenal dengan keramahtamahannya, sehingga bisa saja membuat orang betah untuk tinggal di sini. Di samping itu, wilayah dari Sabang sampai dengan Merauke tersimpan banyak kekayaan kuliner, yang tidak akan cukup untuk selalu kita nikmati.  


Sebagai negara yang sedang berkembang, arus modernitas mungkin tidak menyentuh semua kawasan. Namun hal ini bukan sesuatu yang patut membuat kita malu. Justru sebaliknya, hal ini menggambarkan betapa kayanya budaya di Indonesia. Bahkan jika kita lihat suku Kubu, di daerah Jambi yang jauh dari kata modern, kita bersyukur bahwa kebudayaan ini ternyata masih ada di Indonesia. Belum lagi dengan budaya Dayak yang ada di pedalaman Kalimantan. Semuanya seolah bersatu padu guna menjadikan Indonesia sebagai tempat terbaik untuk dihuni. Namun yang patut disesalkan, masih saja ada yang berusaha untuk memecah belah persatuan dan kesatuan dengan alasan apa pun. Semoga berbagai kegiatan merusak tersebut tidak mengganggu keindahan tempat wisata indonesia yang sudah diupayakan jauh hari sebelumnya.

berbagai tempat wisata indonesia yang mendunia



No comments :

Post a Comment