Saturday 14 September 2013

Barang Bawaan yang Diperlukan Selama Berlibur

barang bawaan liburanSaat liburan merupakan saat yang ditunggu-tunggu. Bahkan biasanya kita sudah antusias ketika masih dalam tahap persiapan. Jika masa yang dinanti hampir mendekati, kita akan memikirkan barang apa saja yang akan kita bawa berlibur. Kita pun bisa bingung tujuh keliling dalam hal ini, barang mana saja yang akan kita bawa. Apakah nanti terlalu sedikit, atau nanti malah berlebihan. Pada akhirnya kita malah semakin bingung dan stress pun bisa muncul.

Hal penting yang harus menjadi prinsip ketika mengemas dan mempersiapkan barang bawaan adalah hanya membawa barang vital yang nanti kira-kira mutlak dibutuhkan. Kita bisa mengesampingkan dahulu secara sementara kebutuhan untuk bergaya. Karena kita bisa membeli di tempat berbagai macam kebutuhan untuk bergaya ini. Hal yang paling penting untuk dibawa adalah beberapa dokumen
identitas, tiket, dan tentu saja pakaian.

Jika kita hanya melancong di dalam negeri, maka dokumen utama yang harus kita persiapkan adalah KTP. Hal ini penting karena selembar kartu inilah yang akan menerangkan siapa sesungguhnya anda. Namun jika anda bepergian ke luar negeri maka paspor dan visa mutlak harus kita bawa. Dokumen lainnya yang tak kalah penting untuk dibawa ketika berlibur baik di dalam maupun di luar negeri adalah tiket. Menjadi penting, karena kita tidak bisa menaiki kendaraan umum yang akan kita tumpangi tanpa tiket di tangan. 

Simpanlah berbagai dokumen ini di tempat yang aman. Kita mudah mencari dan dokumen tersebut aman dari kerusakan tidak sengaja, seperti kehujanan dan tersiram air kopi misalnya. Biasanya ada tas khusus yang akan kita gunakan untuk keperluan dokumen ini. Jangan lupa untuk memfoto-copy dokumen ini, untuk berjaga-jaga terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

Dokumen lain yang tak kalah penting untuk dibawa adalah ATM, kartu kredit, dan uang. Hal ini berkenaan dengan biaya operasional ketika kita sedang berlibur. Usahakan hanya membawa uang tunai seperlunya. Manfaatkanlah fasilitas debet atau gesek di tempat-tempat yang memang menyediakan untuk hal ini. Batasi diri anda untuk tidak menggunakan kartu kredit secara berlebihan, karena tagihannya hanya akan membuat anda pusing.

Pakaian merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan. Kebutuhan pokok ini pun kita butuhkan ketika kita sedag berlibur. Pilihlah bahan pakaian yang mudah kering dan gampang untuk dilipat. Sebenarnya kita tidak perlu terlalu banyak membawa pakaian. Bepergian selama tiga atau empat hari kita bisa membawa jumlah pakaian yang cukup. Jika lebih dari empat hari, maka anda bisa menggunakan fasilitas laundry kiloan yang berharga murah atau anda bisa mencuci sendiri.


No comments :

Post a Comment